Pengertian Pembelajaran
Istilah pembelajaran mempunyai banyak makna, teori-teori yang
mengungkapkan tentang pembelajaran bisa diartikan sebagai proses, cara,
perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.
Gagne dan Briggs mendifinisikan istilah pembelajaran sebagai suatu rangkaian
events (kejadian,
peristiwa, kondisi,dan sebagainya) yang secara sengaja dirancang untuk
mempengaruhi siswa (pembelajar) sehingga proses belajarnya dapat
berlangsung dengan mudah.[1]
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi
unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur
yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran.[2]

Pembelajaran yang dimaksud di sini merupakan aktualisasi kurikulum yang
menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan
peserta didik sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan, khususnya
dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Yang menjadi kunci dalam rangka menentukan tujuan pembelajaran adalah kebutuhan siswa, mata pelajaran atau bidang studi yang diajarkan
dan guru itu sendiri. Berdasarkan petunjuk yang ada dalam kurikulum,
dapat ditentukan hasil-hasil pendidikan yang diinginkan. Guru sendiri
adalah sumber utama tujuan bagi para siswa dan dia harus mampu
menentukan tujuan-tujuan pendidikan yang bermakna dan dapat terukur,
disamping itu seorang guru harus dapat memilih dan menentukan model
pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa yang mengacu ke tujuan
yang telah diharapkan tersebut.
Teknologi pembelajaran
dibangun atas dasar prinsip-prinsip yang diambil dari teori psikologi,
terutama teori belajar dan hasil-hasil penelitian dalam kegiatan
pembelajaran, Atwi Suparman (1997) yang mengutip pendapat Filbeck
mengelompokkan prinsip-prinsip yang digunakan dalam pembelajaran menjadi
12 macam, yaitu :
a. Prinsip : Responden yang berakibat menyenangkan pembelajaran
- Perlunya umpan balik positif dengan segera.
- Keharusan pembelajar untuk membuat respon
- Perlunya pemberian latihan (Exerice) dan tes
b. Prinsip : kondisi atau tanda. Untuk menciptakan prilaku tertentu.
- Perlunya kejelasan mengenai standar kompetensi dasar
- Penggunaan variasi metode atau media
c. Prinsip : pemberian akibat yang menyenangkan
- Pemberian isi materi pokok yang berguna
- Imbalan dan penghargaan terhadap keberhasilan pembelajar
- Seringnya pemberian latihan dan tes
d. Prinsip : transfer pada situasi lain
- Pemberian kegiatan belajar yang mirip dengan kondisi dunia nyata
- Pemberian contoh-contoh riil/nyata
- Penggunaan variasi dan metode dan media
e. Prinsip: Generalisasi dan pembedaan sebagai dasar untuk belajar sesuatu yang kompleks.
- Perlunya keseimbangan dalam memberikan contoh (baik-buruk, positif negatif, ganjil-genap, konkrit-abstrak, dan sebagainya)
f. Prinsip: pengaruh status mental terhadap perhatian dan ketekunan.
- Perlunya menarik/ memusatkan perhatian pembelajar
g. Prinsip: membagi kegiatan dalam langkah-langkah kecil
- Penggunaaan buku teks terprogram
- Pemenggalan kegiatan menjadi kecil-kecil , disertai latihan dan umpan balik,
h. Prinsip : Pemodelan bagi materi yang komplek
- Penggunaan metode dan media yang dapat menggambarkan model (simplifikasi) dari benda/kegiatan nyata.
i. Prinsip : keterampilan tingkat tinggi terbentuk dari keterampilan-keterampilan dasar.
- Standart kompetensi maupun kompetensi dasar hendaknya dirumuskan
seoprasional mungkin dan diturunkan/dijabarkan melalui analisis
instruksional.
j. Prinsip: pemberian informasi tentang perkembangan kemampuan pembelajaran.
- Urutan pembelajaran dimulai dari yang sederhana bertahap menuju ke yang makin kompleks.
- Kemajuan harus di informasikan.
k. Prinsip : variasi dalam kecepatan belajar.
- Pentingnya penguasaan materi prasyarat.
- Kesempatan untuk maju menurut kecepatan masing-masing.
l. Prinsip : Persiapan/ kesiapan
- Pemberian kebebasan kepada pembelajar untuk memilih waktu, cara dan sumber belajar lain.
del.icio.us Tags: tujuan pembelajaran,prinsip pembelajaran
[1] Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Berbasis Kompetensi (SMA), Pedoman Pembelajaran tuntas, (Jakarta: 2003).5
[2] Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta; Bumi Aksara, 1995). 57
http://kafeilmu.com/2011/08/pengertian-prinsip-pembelajaran
0 comments:
Post a Comment